Rabu, 01 Februari 2012

5 Selebriti Pengidap Diabetes dan Cara Mereka Menghadapinya

DELAPAN persen warga AS atau sekitar 25,8 juta orang mengidap diabetes tipe 2. Angka ini menambah populasi penderita diabetes di seluruh dunia yang semakin meningkat.
Penyakit ini dapat mengancam siapa pun tanpa pandang bulu, termasuk para selebriti dan tokoh dunia.
Siapa saja tokoh-tokoh penting yang mengidap diabetes tipe 2?
Berikut ini beberapa di antaranya dan beberapa tips yang dapat Anda coba.
 1. Halle Berry

Bintang film Die Another Day ini pertama kali didiagnosa diabetes di tahun 1989, di tengah proses syuting program televisi Living Dolls. Saat itu, Halle sempat koma selama tujuh hari. ABC News menulis, awalnya Halle diduga mengidap diabetes tipe 1 karena tubuhnya yang kurus dan terlihat selalu sehat.
“Halle memilih dokter pribadi yang baik dengan metode perawatan terkini. Itulah yang membuat kondisi fisik Halle tetap prima,” ungkap Dr. Ronald Kahn, direktur Joslin Diabetes Center, Harvard.
2. Randy Jackson

Juri American Idol ini diketahui mengidap diabetes tipe 2 sejak 1999. Saat itu, Randy mengalami obesitas dengan berat badan mencapai 159 kilogram. Kepada Diabetes Forecast, Randy mengaku sering merasa haus dan kelelahan, tapi dia tidak pernah menyangka dua hal itu merupakan gejala awal diabetes. Randy menyarankan pada siapapun agar selalu waspada jika merasakan kedua gejala itu.

3. Larry King

Larry King, pemandu talk show dan mantan penyiar CNN, sempat merahasiakan diabetes yang dideritanya sejak 1995. Kepada American Diabetes Association, Larry mengaku terkejut saat didiagnosis mengidap diabetes karena selama ini dia tidak pernah merasakan gejalanya. Larry juga rutin berolahraga dan menjaga pola makan sehat. Apa yang dialami Larry menunjukkan diabetes dapat menyerang tanpa aba-aba, sehingga Anda harus secara rutin memeriksakan kesehatan ke dokter.

4. Billie Jean King

Siapa bilang diabetes hanya menimpa orang-orang yang jarang berolahraga? Billie Jean King, legenda tenis dunia juga termasuk dalam daftar pengidap diabetes tipe 2. Walau seorang atlet, Billie mengaku memiliki binge eating disorder alias gangguan makan yang membuatnya terus-menerus merasa lapar dan selalu makan dalam porsi besar. Kini Billie merasa lebih sehat setelah menghentikan kebiasaan makan besar dan tidur yang cukup. Billie juga rajin mengonsumsi metformin, obat yang membantu mengatur kadar gula darah.

5. Patti LaBelle

Saat seorang diva terkena diabetes, jadilah dia seorang ‘divabetic’. Istilah ini pertama kali dicetuskan Patti LaBelle, diva era ‘70an yang pertama kali didiagnosa mengidap diabetes pada pertengahan tahun ‘90an. Sejak saat itu, Patti mengubah pola makan dan semakin rajin berolahraga. Semangat Patti memerangi diabetes juga terinspirasi sang ibu yang kehilangan kedua kakinya akibat penyakit itu.
“Saat dokter bertanya, apa saya pernah punya diabetes, saya jawab ‘no, no, no!’ Saya merasa lebih bugar sekarang,” ucapnya kepada People.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar